Jumat, Oktober 21, 2022

Mengenal apa itu Rumus Count, Count A, dan Count Blank

 Pengertian serta fungsi dari rumus Count, Count A, dan Count Blank 

1. Count

Count Adalah sebuah rumus dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk mendeteksi Teks yang berupa angka saja. contoh: 

a. 2000

b.2 ribu

Poin a disebut sebagai Count karena didalam nya hanya terdapat angka saja, sedangkan poin b tidak bisa disebut Count karena didalamnya ada sebuah teks yaitu "Ribu"

untuk lebih jelas nya mari perhatikan rumus nya dibawah ini :

* Cara menggunakan Rumus Count

sebagai contoh kita diberikan sebuah soal untuk menemukan:
-  Ada berapa jumlah Count yang terdapat dalam tabel nilai siswa berikut


a. Pertama kita tulis Rumus Count Yakni =Count(C2:C6) karena disini data nilai nya ada di baris atau bisa disebut Row C maka kita pilih dari Nilai pertama di poin C


b. kemudian kita klik dan tahan mouse dimulai dari baris C poin ke 2 sampai dengan baris C poin ke 6 lalu kita tekan enter 


c. maka munculah hasil nya seperti pada gambar berikut. kenapa hasil nya 4 ??? karena didalam tabel nilai tersebut nilai yang berupa angka hanya dimiliki oleh ferry,rezky,aditya, dan firman sedangkan dodi memiliki nilai "A" yang bukan termasuk angka


2. Count A

Count A adalah sebuah rumus dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk mengecek apakah data yang kita ketik sudah semua terisi atau masih ada yang kosong. Rumusnya =CountA(value1:value2) value yang dimaksud disini adalah baris yang ingin kita cari apakah ada data yang kosong

untuk lebih jelas nya mari perhatikan rumus nya dibawah ini :

* Cara menggunakan Rumus CountA

sebagai contoh kita diberikan sebuah soal untuk menemukan:
-  Ada berapa jumlah CountA dalam tabel nilai siswa beriku


a. Pertama kita tulis Rumus nya yakni =CountA(C2:C7) karena disini data nilai nya ada di baris atau bisa disebut Row C maka kita pilih dari Nilai pertama di poin C

//
text-align: center;">

b. kemudian kita klik dan tahan mouse dimulai dari baris C poin ke 2 sampai dengan baris C poin ke 7 lalu kita tekan enter


c.  maka munculah hasil nya seperti pada gambar berikut. kenapa hasil nya 4 ??? karena didalam tabel nilai tersebut data yang sudah terisi hanya 4 orang yakni ferry,aditya,firman dan dodi sedangkan untuk rezky dan anton nilai nya belum terinput


3. CountBlank

CountBlank adalah Rumus dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk apakah ada data yang kosong dalam sebuah tabel Excel. Rumusnya =CountBlank(value1:value2) value yang dimaksud disini adalah baris yang ingin kita cari apakah ada data yang kosong.

untuk lebih jelas nya mari perhatikan rumus nya dibawah ini :

* Cara menggunakan Rumus Countblank

sebagai contoh kita diberikan sebuah soal untuk menemukan:
-  Ada berapa jumlah Countblank dalam tabel nilai siswa berikut



a. Pertama kita tulis Rumusnya yakni =CountBlank(C2:C7) karena disini data nilai nya ada di baris atau bisa disebut Row C maka kita pilih dari Nilai pertama di poin C


b. kemudian kita klik dan tahan mouse dimulai dari baris C poin ke 2 sampai dengan baris C poin ke 7 lalu kita tekan enter


c.maka munculah hasil nya seperti pada gambar berikut. kenapa hasil nya 4 ??? karena didalam tabel nilai tersebut ada 3 orang siswa yang data nya masih kosong atau mungkin belum terinput.


pada hal nya Rumus CountA dan CountBlank hampir sama yang membedakan nya adalah jika Rumus CountA digunakan untuk mengecek ulang apakah data yang diinput sudah semua atau masih ada data yang belum terinput, sedangkan Rumus Countblank digunakan untuk mengecek apakah ada data yang kosong dalam sebuah tabel data

 Sekian dari saya jika ada kesalahan dalam penulisan kata mohon dimaafkan. Semoga Ilmu yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi teman teman terutama bagi saya sendiri.Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar